Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memotong Ubin Dengan Penggiling Sudut

Bert menghabiskan 25 tahun bekerja sebagai kontraktor perbaikan rumah dan konstruksi perumahan di Florida tengah.

Terkadang potongan bulat tidak dapat dihindari.

Terkadang potongan bulat tidak dapat dihindari.

https://www.flickr.com/photos/jmrodri/

Penggiling sudut adalah bagian penting dari setiap peti alat setter ubin. Seringkali setter menggunakan gergaji basah untuk potongan lurus dan berbentuk L dan penggiling sudut untuk potongan khusus yang muncul di sepanjang jalan, seperti ubin yang mengelilingi floor drain. Penggiling sudut, kadang-kadang disebut penggiling samping, dilengkapi dengan pisau bertabur berlian memotong ubin keramik tanpa merusak atau memotong permukaannya yang berlapis kaca.

Meskipun penggiling sudut yang dilengkapi dengan bilah berlian yang benar akan membuat potongan apa pun, itu tidak selalu menjadikannya alat yang benar untuk pekerjaan itu. Gergaji basah membuat potongan yang konsisten dengan tepi yang sempurna. Pemotong manual membuat potongan istirahat lurus. Setter ubin menggunakan jepit genggam untuk menghilangkan keripik kecil dan serpihan. Penggiling sudut unggul dalam membuat potongan berbentuk aneh dan kecil.

Roda gerinda logam di sebelah kiri bekerja sangat baik dalam menjatuhkan karat dari sepotong besi. Sayangnya itu tidak akan memotong ubin seperti bilah pasangan bata bertabur berlian di sebelah kanan.

Roda gerinda logam di sebelah kiri bekerja sangat baik dalam menjatuhkan karat dari sepotong besi. Sayangnya itu tidak akan memotong ubin seperti bilah pasangan bata bertabur berlian di sebelah kanan.

Choose the Correct Angle Grinder Blade

Ketika datang untuk memotong ubin, bilahnya benar-benar penting. Pisau pemotong ubin menggunakan serpihan berlian kecil di sepanjang ujungnya untuk menggiling dan memotong porselen dan ubin keramik. Bilah berkualitas lebih baik cenderung bertahan lebih lama dan memotong lebih cepat daripada model yang lebih rendah karena mengandung lebih banyak berlian. Bilah berlian bergaya pasangan bata juga bekerja pada ubin. Bilah berlian jenis ini menggunakan saluran debu bergerigi di sepanjang tepinya untuk menghilangkan debu beton. Bilah pasangan bata memotong ubin lunak dengan baik, namun saluran debu cenderung memotong kaca ubin saat menggiling kurva atau jika digunakan secara agresif. Disk pemotongan, penggilingan, atau pengamplasan yang dirancang untuk logam atau kayu tidak akan berfungsi pada ubin. Ukuran pisau harus sesuai dengan penggiling yang digunakan.

Bushing kuningan bilahnya memeluk punjung penggiling.

Bushing kuningan bilahnya memeluk punjung penggiling.

Pasang Blade pada Angle Grinder

Tempatkan pisau pemotong ubin di punjung penggiling samping dengan panah terarah bilah yang cocok dengan panah arah alat. Pisau yang dipasang dengan rotasi mundur masih memotong ubin. Namun, ketika digunakan dengan cara ini bilahnya menumpahkan berlian dengan cepat dan umurnya dengan cepat berkurang.

Pastikan bushing punjung kuningan bilahnya memusatkan bilah pada punjung penggiling. Bushing membuat bilahnya berpusat pada punjung. Tangan kencangkan mur punjung. Gunakan fitur penguncian bilah alat, lalu selesaikan mengencangkan mur dengan kunci pas penggiling.

Gunakan persegi kecepatan dan pensil untuk mengatur tata letak potongan. Perhatikan tanda X pada potongan yang tidak diinginkan. Ini berguna saat membuat banyak pemotongan.

Gunakan persegi kecepatan dan pensil untuk mengatur tata letak potongan. Perhatikan tanda X pada potongan yang tidak diinginkan. Ini berguna saat membuat banyak pemotongan.

Rencanakan Pemotongan

Seorang pengrajin membayangkan produk jadi sambil menyusun proyek. Penyesuaian sederhana terkadang menghilangkan potongan serpihan atau sudut. Sayangnya bahkan dengan tata letak terbaik pemotongan kustom kadang-kadang terjadi. Ketika ini terjadi, buat semua pengukuran yang relevan dan pindahkan ke ubin. Gunakan persegi kecepatan dan pensil untuk menggambar potongan sederhana, seperti lurus atau miring, pada permukaan kaca ubin. Rencanakan pemotongan yang rumit, seperti kurva dan lubang, di kedua sisi yang sudah jadi dan yang belum selesai. Perlu diingat bahwa tata letak sebaliknya adalah gambar cermin dari potongan akhir. Buat bagian melengkung dari tata letak terbalik sedikit lebih kecil, sisakan ruang bagi busur bilah untuk memotong ubin tanpa membuat bagian yang terlihat dari potongan terlalu besar. Potongan ini seringkali membutuhkan potongan kasar di bagian belakang dan trim akhir dari permukaan kaca.

Instruksi Pemotongan Sederhana

  1. Kenakan kacamata pengaman, pelindung telinga, dan masker debu.
  2. Pegang penggiling sudut dengan kuat di satu tangan dan nyalakan. Biarkan motor mencapai kecepatan penuh. Jika bilah bergetar hebat, matikan penggiling sudut dengan cepat. Lepaskan mur penahan bilah dan pastikan bilah atau cincin kuningan tetap berada di tengah punjung.
  3. With the angle grinder at full speed, gently touch the blade against the line on the tile and apply moderate pressure. Score the pencil line until it cuts a 1/16-inch deep groove. Repeat this for any additional cuts on the same piece. Premature breaks sometimes follow the score lines.
  4. Continually move the angle grinder back and forth until the blade works through the tile. Never allow the blade to remain in one spot. Keeping the blade in one spot overheats the blade, causing the blade to dull. Complete the cut using the score mark as a guide.
  5. Grind away any rough edges with the side of the blade. It sometimes helps to do this while holding the angle grinder at a slight angle so the blade works from the unfinished side toward the glaze.
Pecahkan potongan rumit menjadi beberapa potongan mudah yang lebih kecil.

Pecahkan potongan rumit menjadi beberapa potongan mudah yang lebih kecil.

Instruksi Pemotongan yang Rumit

Skor garis besar potongan sedalam 1/16 inci pada permukaan berlapis ubin dengan penggiling sudut. Hapus sebanyak mungkin potongan mudah besar yang tidak diinginkan. Seringkali lebih mudah untuk memecah potongan rumit menjadi beberapa potongan dan trim kecil yang mudah. Ini harus meninggalkan lekukan dan kurva. Balikkan ubin untuk memverifikasi garis tata letak yang kira-kira cocok dengan bagian dalam tanda skor dan sesuaikan seperlunya. Buat potongannya. Ini membuat potongan sedikit lebih kecil dari produk jadi. Cukur ubin tepi ubin yang belum selesai sampai potongannya pas. Uji potongan sebelum menginstal.

Artikel ini akurat dan sesuai dengan pengetahuan penulis terbaik. Konten hanya untuk tujuan informasi atau hiburan dan tidak menggantikan penasihat pribadi atau nasihat profesional dalam masalah bisnis, keuangan, hukum, atau teknis.

© 2022 Bert Holopaw

Posting Komentar untuk "Cara Memotong Ubin Dengan Penggiling Sudut"