Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menanam sayuran: tomat dan Co. dari ambang jendela


Orang-orang suka merasa nyaman: pergi ke supermarket di sudut dan membeli buah dan sayuran yang bahkan tidak bisa tumbuh di garis lintang kita adalah hal yang biasa bagi banyak orang. Terutama di kota, tanpa taman Anda sendiri, Anda hampir tidak punya pilihan lain. Atau apakah itu?

Meskipun memiliki petak sayuran sendiri tidak jarang di pedesaan, banyak penduduk kota juga ingin benar-benar kembali ke akarnya dan menanam sayuran mereka sendiri. Pilihan apa yang ada bahkan di gurun beton terbesar dan bagaimana Anda bahkan dapat menanam sayuran di apartemen Anda sendiri, Anda dapat mengetahuinya di sini.

Menanam sayuran di kota: Ini adalah konsep yang harus Anda ketahui

Tanah di bawah kuku Anda dan panen Anda sendiri di atas meja: keinginan untuk aktivitas berkebun yang hampir alami berkembang lagi di antara penduduk kota. Dari taman jatah Anda sendiri hingga konsep industri, juga hijau di kota besar.

Berkebun di perkotaan

Kurangnya ruang atau tidak: Bahkan di kota-kota padat penduduk, Anda dapat menemukan sedikit ruang di sana-sini yang tidak digunakan. Baik atap, halaman belakang, atau bahkan pulau lalu lintas: Semua tempat ini dapat digunakan untuk menanam sayuran sendiri. Berkebun perkotaan lahir dari ide ini, sebuah gerakan yang asal-usulnya sering diresepkan di New York. Namun, gagasan menanam sayuran di kota sudah ada sejak zaman kuno.

Penjatahan

"Berkebun perkotaan" telah dikenal di Jerman sejak lama. Jatah, juga disebut jatah, telah menikmati popularitas besar selama beberapa dekade. Menanam buah dan sayuran hampir diinginkan di sini, biasanya bahkan ada spesifikasi berapa banyak yang harus ditanam setidaknya. Mendapatkan taman jatah tidaklah mudah, terutama di kota-kota besar – daftar tunggu tidak hanya lama sejak awal pandemi. Selain itu, biasanya ada biaya transfer yang cukup tinggi serta sewa tahunan dan biaya tambahan.

Pertanian Vertikal

Ladang jagung sejauh mata memandang dan gandum ke cakrawala: monokultur ini tidak mungkin menghilang dari lanskap dalam waktu dekat. Namun, para peneliti kini telah menemukan cara untuk menanam tanaman "di dalam ruangan" – bukan pada permukaan horizontal yang besar, tetapi secara vertikal. Ini tidak ada hubungannya dengan ide romantis yang dimiliki banyak orang tentang budidaya makanan: Dalam pertanian vertikal, misalnya, Anda dapat menanam tanaman yang ditumpuk di rak tanpa tanah dan menyinari mereka dengan cahaya buatan. Di satu sisi, konsep yang sangat terkontrol ini menjanjikan kemungkinan pengeluaran pestisida dan melindungi lingkungan karena menghemat ruang, tetapi pada saat yang sama membawa hasil tinggi. Di sisi lain, pertanian vertikal berulang kali dikritik karena pendekatan buatan dan konsumsi energi yang tinggi.


Anda ingin makan lebih ramah lingkungan?

Seperti inilah Diet Kesehatan Planet


Berkebun Dalam Ruangan

Apa yang disebut hutan kota semakin populer di kalangan penduduk kota muda - melengkapi apartemen dengan tanaman hias sedemikian rupa sehingga hampir mengingatkan pada hutan. Dari sana, jalan menuju berkebun dalam ruangan tidak jauh: Anda dapat menanam tanaman di rumah dan membuat kebun sayur atau kebun herbal dalam ruangan Anda sendiri. Anda dapat mengetahui cara kerjanya di bawah ini.

Kartu Perdana: Apa yang Anda butuhkan untuk menanam sayuran sendiri

Jika Anda ingin menanam sayuran, Anda harus terlebih dahulu membutuhkan peralatan yang tepat. Karena meskipun berkebun dalam ruangan adalah hobi yang murah, Anda harus berinvestasi sedikit di awal. Tergantung pada sayuran apa yang ingin Anda tanam sendiri di apartemen, Anda perlu:

  • Benih atau tanaman muda, misalnya dari pengecer spesialis atau jaringan berbagi file pribadi
  • Pot perbanyakan untuk disemai Anda
  • Pot bunga atau kotak bunga kecil untuk tanaman yang lebih besar
  • Pot tanah yang cocok dengan sayuran Anda. Yang terbaik adalah mencari tahu terlebih dahulu tanah mana yang dibutuhkan tanaman yang Anda pilih
  • Pupuk yang sesuai dengan kebutuhan tanaman Anda
  • Sarung tangan berkebun, pembalut dan sekop taman kecil untuk merepoting dan memanen
  • Penyiraman bisa

Fakultatif:

  • Lampu tanaman yang memungkinkan Anda menanam sayuran bahkan dalam kondisi cahaya yang lebih sedikit
  • Tongkat kayu sebagai alat bantu panjat, misalnya untuk kacang polong atau tomat
  • Secateurs untuk memanen sayuran atau memotong tanaman
  • Stoples kaca kecil untuk menumbuhkan kembali sayuran
  • Jika Anda ingin mengandalkan teknologi tinggi untuk berkebun dalam ruangan Anda, Anda dapat membeli apa yang disebut sistem taman pintar. Sistem budidaya yang diakui cukup mahal ini sangat cocok untuk bumbu kuliner dan memungkinkan untuk menanam tanaman tanpa tanah. Mereka menerangi dan mengairi herbal secara mandiri dan dengan demikian menjanjikan hasil yang lebih tinggi.

Endlich vegan werden:

So gelingt die Umstellung auf eine vegane Ernährung


Dein Indoor Gemüsegarten: Diese Pflanzen kannst du zu Hause anbauen

Wenn du in deiner Wohnung oder auf dem Balkon Gemüse anbauen möchtest, dann hast du eine sehr große Auswahl. Denn hier ist – wenn du den nötigen Platz mitbringst – vieles möglich, das auch im Garten funktioniert. Die Voraussetzung ist ein heller Platz mit viel Sonne, am besten am Südfenster. Denn die meisten Gemüsesorten brauchen viel Licht, um zu reifen. Möchtest du deine Pflanzen indoor anbauen, dann solltest du außerdem darauf achten, dass du regelmäßig lüftest

Auch wenn es in deiner Wohnung immer warm ist, bedeutet das nicht, dass du auch das ganze Jahr über ernten kannst. Die meisten Gemüsesorten bringen nur zwischen März und Oktober Erträge. Dein Kräuterbeet auf der Fensterbank oder auch Radieschen kannst du jedoch das ganze Jahr über ernten. Bleibt nur noch die Frage: Welche Arten eignen sich denn nun, um Gemüse in der Wohnung selbst anzubauen? Unter anderem kannst du dein gärtnerisches Talent mit diesen Pflanzen unter Beweis stellen:

  • Tempat tidur ramuan klasik dengan peterseli, selada, daun bawang, kemangi dan Co. adalah sumber yang sempurna untuk menyempurnakan seni kuliner Anda sepanjang tahun di jendela selatan. Tentu saja, Anda juga bisa menanam herbal di balkon di musim panas.
  • Tomat (yang sebenarnya milik buah) produktif di lokasi yang terang dan dapat ditanam di pot besar. Untuk apartemen, tomat anggur yang lebih kecil atau tomat lampu lalu lintas yang tumbuh di keranjang bunga paling cocok.
  • Paprika, cabai, pepperoni dan Co. Berikan panas yang tepat di kebun sayur dalam ruangan Anda.
  • Anda harus menyiapkan pot besar terutama jika Anda ingin menanam mentimun dan zucchini sebagai bagian dari berkebun dalam ruangan Anda.
  • Pengayaan untuk dapur Anda juga daun bawang seperti bawang, daun bawang, bawang putih, bawang putih liar atau daun bawang. Mereka sangat menyukainya di ambang jendela! Pelajari lebih lanjut tentang bawang putih umbi ajaib di sini!
  • Baik di dalam teh atau di kari: Dalam pot bunga Anda dapat dengan mudah menanam jahe. Ini juga sempurna sebagai sayuran yang tumbuh kembali, sehingga Anda dapat dengan mudah memperbanyak umbi yang dibeli di toko.
  • Bahkan selada (misalnya selada domba, roket atau selada es) dapat diubah menjadi tanaman hias. Itu juga membutuhkan lokasi yang sangat cerah. Jika Anda tidak dapat menawarinya bahwa di apartemen Anda, ia dapat bertahan dengan sangat baik di luar di tempat yang tidak berangin mulai bulan Maret dan seterusnya. Dalam kotak bunga Anda dapat menanam sayuran di balkon - yang terbaik adalah memilihnya di apartemen.
  • Legum seperti kacang-kacangan atau kacang polong tumbuh paling baik dengan bantuan pendakian di tempat dengan beberapa jam sinar matahari langsung sehari, lebih disukai di jendela selatan.

Inspirasi untuk balkon Anda:

Alternatif domestik untuk apa yang disebut makanan super


Menanam kembali sayuran
BAGI

Menanam kembali sayuran: Menanam kembali sayuran

Jika tempat sampah organik belum dikosongkan untuk waktu yang lama, Anda mungkin sudah mengamati bahwa banyak yang tumbuh subur di dalamnya. Itu karena banyak sayuran terus berkembang biak meskipun Anda sudah memotongnya. Misalnya, dengan wortel, Anda cukup menanam kembali bagian atas dari mana sayuran tumbuh. Tanaman baru kemudian tumbuh darinya. Bawang dan daun bawang, akar peterseli, selada romaine, kol Cina, adas atau bawang putih juga cocok sebagai apa yang disebut sayuran yang tumbuh kembali, yaitu sayuran yang tumbuh kembali. Berikut caranya:

  1. Potong sepotong sayuran akar sekitar tiga sentimeter di bawah pangkal daun. Untuk sayuran berdaun, potong batangnya dengan murah hati dan untuk sayuran daun bawang, potong pangkal akarnya
  2. Stelle den abgeschnittenen Teil ins Wasser
  3. Wechsle jeden Tag das Wasser
  4. Nach einigen Tagen oder wenigen Wochen bilden sich Wurzelansätze. Sind diese etwa ein bis zwei Zentimeter lang, solltest du die Pflanze in die Erde setzen und regelmäßig gießen

Zwiebeln und Knoblauch kannst du noch viel einfacher nachzüchten. Diese musst du einfach nur in die Erde stecken und regelmäßig gießen. Verwende dafür Pflanzen, die schon ausgetrieben haben, und lasse beim Einpflanzen den Trieb aus der Erde hervorschauen.

Um Ingwer zu vermehren, schneidest du ein etwa fünf Zentimeter langes Stück ab, das mindestens ein „Auge“ hat. So bezeichnet man die kleinen Knöllchen, die von der Pflanze abstehen und aus der neue Triebe wachsen. Lege das Stück über Nacht ins Wasser und setze es dann mit den Augen nach oben in einen etwa 30 Zentimeter hohen Topf mit nährstoffreicher Erde. 


Jahe adalah serba bisa sejati

Anda harus tahu 8 efek umbi ini


Tahukah Anda? - Anda juga bisa menanam buah di apartemen!

Di kebun sayur dalam ruangan Anda, Anda tidak hanya dapat menanam sayuran sendiri – buah juga dapat ditanam di apartemen atau di balkon. Untuk pemula, stroberi atau blueberry sangat cocok untuk ini. Raspberry, gooseberry, blackberry, dan kismis juga cukup mudah dirawat, itulah sebabnya Anda bisa menanam tanaman ini di rumah. Namun, karena mereka menyebar cukup cepat, balkon lebih cocok daripada apartemen.

Setelah Anda mendapatkan sedikit pengalaman, Anda dapat menjelajah ke tanaman eksotis yang lebih canggih. Misalnya, kiwi atau nanas juga bisa ditanam di rumah. Anda juga dapat menarik yang terakhir dari tangkai! Namun, di balkon, peluang Anda untuk sukses lebih tinggi di sini - hal yang sama berlaku untuk pohon lemon, yang membutuhkan banyak sinar matahari dan karenanya sering memasuki apartemen.

Kesimpulan: Setiap orang dapat menanam sayuran sendiri

Impian taman Anda sendiri tidak sejauh yang Anda pikirkan di kota – dan bahkan di apartemen terkecil ada ruang untuk tempat tidur ramuan kecil tapi halus di ambang jendela. Apakah Anda ingin menanam herbal di balkon atau menanam zucchini di ruang tamu, Anda tidak perlu banyak kehilangan dan banyak keuntungan. Karena tanaman yang ditanam sendiri tidak hanya menyenangkan, Anda juga tahu persis dari mana makanan Anda berasal. Kemungkinan besar, Anda tidak akan menjadi sepenuhnya mandiri dengan kebun Anda sendiri – Anda harus menghitung 100 meter persegi ke atas tergantung pada konsumsi. Namun demikian, akan menjadi perasaan yang luar biasa untuk "menuai" panen pertama Anda!

Hidup sehat dan berkelanjutan tidak terbatas pada nutrisi. Pelajari lebih lanjut tentang keberlanjutan di sini:

Posting Komentar untuk "Menanam sayuran: tomat dan Co. dari ambang jendela"